Bupati Manggarai Kamelus Deno: Tarian “Caci” Pererat Persatuan dan Persaudaraan

Ruteng (flobamoradewata.com) – MEMERIAHKAN 72 tahun Indonesia merdeka, pemerintah daerah kabupaten Manggarai melakukan gelar Tarian Caci yang bertempat di lapangan Motang Rua, Jumat (18/8/17).

Informasi yang berhasil dihimpun flobamoradewata.com, tarian Caci akan berlangsung selama dua hari. Pentas tarian ini akan dibanjiri perwakilan masyarakat seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Manggarai.

Dalam pelaksanaannya, Kecamatan Cibal Barat, Cibal, Reok, Reok Barat, Wae Ri`i, dan Langke Rembong dipercayakan sebagai tuan rumah. Beberapa kecamatan lain, seperti Satar Mese, Satar Mese Barat, Satar Mese Utara, Lelak, dan Rahong Utara hadir sebagai tamu undangan (meka landang).

Pada acara pembukaan di Lapangan Motang Rua, Bupati Manggarai Kamelus Deno menyebut tarian Caci merupakan salah satu tarian adat masyarakat Manggarai yang mampu mengikat rasa persaudaraan, persahabatan, dan persatuan sesama masyarakat Manggarai.

“Tarian Caci merupakan salah satu tarian adat masyarakat Manggarai yang memiliki makna dan mampu mengikat rasa persaudaraan, persahabatan dan persatuan sesama masyarakat Manggarai,” jelas Deno.

Mantan dosen Undana Kupang itu menambahkan, pentas tarian Caci akan mendorong masyarakat mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki beragam Budaya, adat istiadat, bahasa, dan agama.

Deno juga menyinggung administrasi masyarakat Manggarai telah dibagi menjadi tiga wilayah pemerintahan, tetapi itu bukan berarti kita berbeda. Dengan bahasa Manggarai sebagai bahasa daerah tiga kabupaten (Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur) yang di Manggarai Raya menunjukan kita kesatuan itu. HERY SALUS

Facebook Comments

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com