Achmad Baidhowi: Penggerak Jaminan Sosial TK Bali, NTB, dan NTT

Dari kiri Novias Dewo (kepala cabang BPJS ketenagakerjaan Denpasar), Irvansyah Utoh Banja (Kadiv komunikasi BPJS ketenagakerjaan), Ahmad Baidhowi (korwil MP BPJS Bali Nusra), Hery Susanto (Kornas MP BPJS)

Denpasar (flobamoradewata.com) – KOORDINATOR Wilayah Masyarakat Peduli Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (MP BPJS) Ketenagakerjaan Bali, NTB, NTT memastikan lembaga yang dikoordinirnya siap menjalankan program penggerak jaminan sosial. Realisasinya tidak hanya lewat jalur peserta mandiri, juga peserta subsidi melalui kerja sama dengan BPJS TK, pihak BUMN, BUMD dan pihak swasta di wilayah Bali, NTB, NTT. Ini disampaikan saat berangsung Sosialisasi dan Rakerwil MP BPJS) Ketenagakerjaan Bali, NTB, NTT, Kamis (25/2), di Hotel Atanaya Century Park Kuta Bali.

BPJS TK menggalang Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai). Menurut Kepala Divisi Komunikasi BPJS TK Irvansyah Utoh Banja, Program Perisai ini merupakan perpanjangan tangan BPJS TK di seluruh Indonesia yang menggunakan skema keagenan dalam mengakuisisi peserta. Keagenan ini dapat diselenggarakan badan atau kelompok masyarakat yang dinamakan Kantor Perisai. keanggotaannya bersifat individual.

Perisai mempunyai fungsi sosialisasi, edukasi, akuisisi dan konsultasi untuk kepesertaan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi pekerja Penerima Upah dan Bukan Penerima Upah. Perisai bisa menjangkau kelompok masyarakat yang selama ini belum tersentuh oleh BPJS TK. Siapa saja dapat bergabung menjadi PERISAI, dan akan mendapatkan pelatihan dan sertifikasi, serta mendapatkan nomor registrasi sebagai dari bagian dari keagenan BPJS Ketenagakerjaan.

Hery Susanto Koordinator Nasional Masyarakat Peduli BPJS (Kornas MP BPJS) dalam forum yang sama mengatakan MP BPJS secara nasional telah mendeklarasikan diri sebagai penggerak jaminan sosial pada awal tahun 2016.

Kornas MP BPJS mewajibkan seluruh pengurus nya dari tingkat pusat hingga daerah menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan. Selain itu juga mendorong seluruh kadernya untuk mendirikan posko MP BPJS di setiap rumah kadernya untuk melayani pendaftaran peserta BPJS TK. Posko MP BPJS itu sebagai sentra edukasi dan sosialisasi bagi masyarakat untuk menjadi peserta BPJS TK.

“Bagi MP BPJS, BPJS ketenagakerjaan adalah mitra strategis masyarakat maupun pekerja dalam memperoleh hak atas jaminan sosial di bidang ketenagakerjaan,” tegas Hery Susanto.***

Facebook Comments

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com