Mantan Kapolres TTU Bapa Marsel Dugis Dimakamkan Besok di Mumbul

20161107_122410Renon (flobamoradewata.com) – JENAZAH Bapa Marsel Dugis diusung Ketua Umum Ikkmar Bali Kraeng Frans Papur, putera mendiang Christo Dugis, dan salah satu pengurus Ikkmar Bali Agus Bugis. Jenazah sosok yang semasa hidupnya dikenang lantaran tutur katanya yang lembut itu dievakuasi ke rumah duka di Jalan Tukad Badung X Nomor 27 Pavila Home Stay Renon, Denpasar Selatan.

Ikkmar, Ikatan Keluarga Kabupaten Manggarai Bali, merupakan wadah warga Bali keturunan Kabupaten Manggarai. Bersama Kraeng Frans Papur, tampak Ardy Ganggas, Ketua Umum Ikatan Keluarga Manggarai Bali (IKMB), wadah induk dari Ikkmar Bali, Ikamartim (Ikatan Keluarga Manggarai Timur) di Bali, dan Ikatan Keluarga Besar Manggarai Barat (Ikamabar). Selain itu, ada pula sejumlah sesepuh antara lain Kraeng Marsel Jemalit, Ame Hieron Dami, serta kerabat dekat mendiang. Mendiang Bapa Marsel Dugis dikenang sebagai salah satu figur dan teladan yang teduh. 20161107_124951

Rohaniawan Katolik dari Gereja Katedral Denpasar yang dekat dengan almarhum Rm. Yoseph Wora mendoakan sebelum jenazah dimasukkan dalam peti. Jenazah almarhum kelahiran Ruteng, Manggarai, 12 Januari 1942, itu dikenakan uniform kebanggaan seperti saat sedang berdinas dulu di lingkungan Polri dengan pangkat dua melati di pundak.

Menantunya, Wakapolda Papua Brigjen Rudolf Alberth Rodja, mengenakan atribut anggota Polri dan tanda kepangkatan ajun komisaris besar polisi itu di jas almarhum.

Sesuai kesepakatan keluarga mendiang Bapa Marsel Dugis dan IKMB, ritual misa Katolik diadakan Senin 7 November 2016 malam ini pukul 19.00 di rumah duka Jalan Tukad Badung X Nomor 27 Renon. “Rencananya malam ini juga ada ritual adat Manggarai yang dipimpin Kraeng Frans Papur,” kata Ardy Ganggas.

20161107_125420Pemakaman direncanakan Selasa 8 November 2016 di Pekuburan Katolik Mumbul, Kuta Selatan. Upacara atau ritual sebelum ke pemakaman akan dilangsungkan di rumah duka keluarga pukul 13.00.

“Saya mengundang warga Manggarai di Bali, juga warga Flobamora Bali, memberikan penghiburan, sekaligus bisa meluangkan waktu mengikuti doa penghiburan bagi keluarga Bapa Marsel Dugis,” harap Ardy.

Bapa Marsel Dugis semasa hidupnya tercatat sebagai seorang perwira polisi dengan pangkat terakhir ajun komisaris besar polisi (AKBP). Sebelum memasuki masa purnawirawan, ayah emapt anak ini sempat menjabat Kapolres Timor Tengah Utara (TTU), di Nusa Tenggara Timur (NTT). Bapa Marsel Dugis juga masuk dalam jajaran Dewan Penasehat Flobamora Bali di bawah kepemimpin Ketua Umum Yusdi Diaz.

Salh satu puterinya, drg. Wati Dugis Rodja, menikah dengan mantan Kapolres Tabanan dan Dansat Brimob Polda Bali yang kini menjabat Wakapolda Papua Brigjen Rudolf Alberth Rodja.***

 

Facebook Comments

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com