Ketua DPR Harapkan Kapolri Tito Karnavian tidak Tebang Pilih Tegakkan Hukum

Jenderal Pol. Muhammad Tito Karnavian saat dilantik Presiden Jokowi sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Pol. Badrodin Haiti

 

Ketua DPR Dr. H. Ade Koamarudin, M.H. menyalami Jenderal Tito Karnavian
Ketua DPR Dr. H. Ade Komarudin, M.H. menyalami Jenderal Tito Karnavian

 

Jenderal Tito Karnavian saat diambil sumpah jabatan
Jenderal Tito Karnavian saat diambil sumpah jabatan

 

Jenderal Tito Karnavian dan Jenderal Pol. Badrodin Haiti
Jenderal Tito Karnavian dan Jenderal Pol. Badrodin Haiti

 

Presiden Jokowi menandatangani berita acara pelantikan Jenderal Tito Karnavian sebagai Kapolri
Presiden Jokowi menandatangani berita acara pelantikan Jenderal Tito Karnavian sebagai Kapolri

 

Jenderal Tito Karnavian
Jenderal Pol. Muhammad Tito Karnavian

 

Jenderal Pol. Muhammad Tito Karnavian akhirnya dilantik Presiden Jokowi menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Pol. Badrodin Haiti, Rabu (13/7), di Istana Negara Jakarta.

Ketua DPR Dr. H. Ade Komarudin, M.H. menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Tito Karnavian tersebut. “Saya berharap, Jenderal Tito Karnavian dapat membawa Polri lebih profesional, lebih humanis, merakyat dan tidak tebang pilih dalam penanganan masalah hukum. Kita dukung bersama, upaya reformasi di tubuh Polri secara menyeluruh dan komprehensif, sehingga Polri menjadi lembaga yang dapat dibanggakan oleh seluruh rakyat Indonesia,” tulis Ade Komarudin dalam akun medsos pribadinya.
Tokoh Partai Golkar ini juga menyampaikan ucapan yang sama Jenderal Pol. Badrodin Haiti yang telah berhasil memimpin Polri selama kurang lebih dua tahun.

Sebagai dilansir detik.com, acara pelantikan dimulai setelah Presiden Jokowi memasuki ruang Istana Negara, Jakarta Pusat pukul 13.49 WIB. Kehadiran Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Ibu Negara Iriana Widodo, dan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Tito dilantik dengan Keputusan Presiden tentang pengangkatan Kapolri Nomor 48/Polri/Tahun 2016. Keppres tersebut dibacakan langsung oleh Sekretaris Militer Presiden Marsekal Muda TNI Hadi Tjahyanto

Dalam Keppres tersebut disebutkan memberhentikan dengan hormat Jenderal Pol Badrodin Haiti dari jabatan Kapolri. Pemberhentian Badrodin disertai dengan ucapan terimakasih dari pemerintah atas pengabdian dan jasa-jasanya. Poin selanjutnya yakni mengangkat Komjen Pol M Tito Karnavian dengan NRP 64100600.
Setelah Pembacaan Keppres, acara dilanjutkan dengan pengucapan sumpah jabatan yang dipandu langsung oleh Presiden Jokowi. Prosesi pengucapan sumpah berjalan lancar.

Setelah pengucapan sumpah, acara dilanjutkan dengan penandatanganan sumpah jabatan oleh Presiden Jokowi dan Tito. Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo turut membubuhkan tanda tangan sebagai saksi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Keputusan Presiden tentang kenaikan pangkat Perwira Tinggi Polri, yakni Keprres Nomor 49/Polri/Tahun 2016.

“Menaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada perwira tinggi Polri atas nama Komjen M. Tito Karnavian menjadi Jenderal Polisi terhitung mulai tanggal penandatanganan Keppres,” kata Sekretaris Militer Presiden Marsekal Muda TNI Hadi Tjahyanto.

“Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, pada 13 Juli 2016,” lanjutnya. REDAKSI

Facebook Comments

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com